Minggu, 20 Juni 2010

AIG Tolak Tawaran Harga Baru Prudential.



Rabu, 02 Juni 2010 | 08:53
AIG Tolak Tawaran Harga Baru Prudential Untuk AIA

HONG KONG. Rencana Prudential Plc. mengakuisisi American International Assurance (AIA), unit bisnis American International Group Inc. (AIG) di Asia, terancam berantakan. Pasalnya, AIG menolak permintaan Prudential yang ingin menurunkan harga akuisisi AIA dari US$ 35,3 miliar menjadi US$ 30,38 miliar.


Dalam sebuah pernyataannya kemarin, manajemen AIG biang, mereka tidak akan mengubah syarat kesepakatan dengan Prudential. Akhir pekan lalu, AIG dan Prudential kembali membuka proses negosiasi untuk menyelamatkan kesepakatan akuisisi itu.

Tidjane Thiam, CEO Prudential Plc, secara resmi telah meminta penurunan harga akuisisi AIA untuk menenangkan pemegang sahamnya. Maklum, sebagian pemegang saham utama Prudential menganggap harga akuisisi AIA terlalu mahal.

Thiam, yang menduduki posisi puncak Prudential sejak Oktober 2009 membutuhkan persetujuan dari 75% pemegang sahamnya untuk menyetujui proses akuisisi terbesar dalam sejarah ini. Perusahaan asuransi yang berbasis di London ini merencanakan rapat pemegang saham pada 7 Juni mendatang.

"Ini kesepakatan mati," kata Paul Mumford, Manajer Investasi Cavendish Asset Management Ltd di London. Dia menambahkan, Prudential harus menarik kembali penawarannya dengan cara yang anggun. "Ini adalah kesalahan yang sangat mahal," ujarnya.

Bagi AIG, yang pernah jadi perusahaan asuransi terbesar di dunia, penjualan AIA akan sangat membantu pelunasan utang kucuran dana (bailout) dari Pemerintah Amerika Serikat senilai US$ 182,3 miliar.

Jim Millstein, Kepala Restrukturisasi Departemen Keuangan AS, mengatakan, AIG bisa saja menggelar penawaran umum (IPO) untuk menjual saham AIA bila transaksi dengan Prudential gagal.

Dalam kesepakatan yang diumumkan pada Maret lalu itu, Prudential akan membayar akuisisi AIA dengan dana tunai sebesar US$ 25 miliar. Sisanya, US$ 10,3 miliar akan dilunasi dalam bentuk saham Prudential.

Belakangan, Prudential berniat merevisi kesepakatan itu. Dalam pernyataannya awal pekan ini, Prudential menawar harga akuisisi turun menjadi US$ 30,375 miliar dengan pembayaran tunai sebesar US$ 23 miliar. Penolakan AIG atas permintaan itu membuat Prudential harus mempertimbankan akuisisinya.



J. Ani Kristanti

Tidak ada komentar:

AdBrite

Followers