Kamis, 19 November 2009

Asuransi Apa yang Tepat Untuk Orang Muda?



Saya senang dengan rubrik Solusi Keuangan, Rubrik ini membuat saya dapat belajar tentang keuangan secara mudah. beberapa hari lalu saya ditawari asuransi oleh teman, memang sampai saat ini saya belum memiliki asuransi ( usia masih muda 20 tahun ).
Nah, apakah saya memang sudah membutuhkan asuransi? Asuransi apa saja yang saya butuhkan? Itu yang menjadi bahan pemikiran saya.


Setalah saya tanya sana sini ada jawaban yang cukup mengena di hati saya, bahwa rubrik ini memberikan manfaat. Asuransi pada dasarnya adalah suatu manfaat proteksi atau perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi pada diri atau barang yang kita miliki. Nah, perusahaan asuransi berperan memindahkan kemungkinan risiko yang terjadi terjadi kepada mereka.
Artinya kalau Anda sebagai pemilik polis mendapatkan risiko atas diri maupun barang yang dimiliki(tergantung asuransi apa yang diambil), maka perusahaan asuransilah yang mengambil alih kerugian yang diakibatkan oleh risiko tersebut.

Anda tentu tahu cerita tentang 5 orang pelayan pintar dan 5 pelayan bodoh yang sedang menunggu mempelai. Sama seperti mempelai yang sedang ditunggu oleh para pelayan, risiko itu tidak dapat diduga kapan terjadinya dan bagaimana bisa terjadi pada kita. Jadi sama seperti pelayan yang pintar, ia akan mempersiapkan minyak yang lebih banyak untuk mengantisipasi risikonya yaitu kehabisan minyak sebelum mempelai pria datang.

Nah, Anda juga seharusnya seperti itu. Kita tidak tahu kapan risiko seperti sakit, kematian dan kehilangan bisa terjadi pada kita. Jadi, makin cepat Anda memiliki asuransi, makin cepat pula risiko tersebut terproteksi bagi Anda. Memang, Anda akan merasa berat karena membayar untuk sesuatu yang belum Anda terima manfaatnya. Tetapi, sama seperti pelayan yang pintar yang juga harus bersakit-sakit dahulu membawa beban minyak yang lebih berat, akhir yang mereka dapatkan adalah ikut serta dalam pesta perkawinan (tidak ditinggal di luar seperti pelayan yang bodoh).

Artinya, untuk mendapatkan kebahagian kita memang harus bersakit-sakit dulu. Alangkah baiknya jika segala sesuatu telah dipersiapkan, seperti sebelum hujan sedia payung..Maklum saat ini sedang musim hujan.
Untuk asuransi yang sebaiknya dimiliki, saran saya cobalah memiliki asuransi yang lengkap. Mulai dari jiwa, kesehatan (kalau tidak di cover kantor), dan kerugian baik itu rumah maupun barang lainnya. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan yang bisa diambil.

Semoga bisa memberikan wawasan yang baru tentang perencanaan keuangan Anda.




2 komentar:

Ayu mengatakan...

kayaknya program asuransi yang paling cocok untuk anda "Asuransi Kesehatan" dech, soalnya dimasa sulit ini berobat itu mahal bgt. nice posting.

~deta~ mengatakan...

Program Pensiun Dini...hehehe.. Wah om Chendra, blognya sangat-sangat pesat kemajuannya...kerennn...bravo ya.. :-)

AdBrite

Followers