Senin, 23 November 2009

Financial Freedom.



Setiap kita pasti menginginkan kebebasan finansial yang lebih sering kita kenal dengan istilah Financial Freedom. Apa itu Financial Freedom ? dan mengapa semua orang menginginkannya ? lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa Financial Freedom ? Saya sendiripun mengginginkannya dan mungkin sebagian orang bahkan sudah membuat perencanaaan untuk mencapai Financial Freedom.


Financial Freedom adalah kondisi dimana kita sudah lebih dari berkecukupan, dimana seseorang tidak perlu lagi bekerja tetapi tetap memiliki penghasilan yang sangat memadai dan lebih dari cukup untuk membiayai semua pengeluarannya. yahhh boleh dibilang UANG tersebut bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk UANG. Semua orang menginginkannya karena dengan kondisi seperti itu kita dapat menikmati hidup, bisa pensiun dini dengan kaya raya, bisa jalan-jalan keliling dunia tanpa memikirkan pekerjaan ataupun bisnisnya karena semua sudah berjalan dengan sistematis...yahhh bukan itu merupakan impian setiap kita.. :) Yang menjadi pertannyaan...Bagaimana cara agar kita menjadi seorang Financial Freedom...Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapainya yaitu :

1.Berpikir Seperti Orang Kaya

Anda akan menjadi apa yang seringkali Anda Pikirkan. Orang-orang kaya mempunyai kebiasaan selalu berpikir tentang kebebasan finansial. Sejak muda atau pada suatu saat dalam hidupnya, mereka menjadi sangat fokus pada pencapaian suatu tujuan keuangan. Mereka kemudian membangun disiplin untuk melakukan pengorbanan-pengorbanan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Mereka mengatur ulang seluruh kehidupan finansialnya : pendapatan, asuransi, investasi dan pengeluaran-pengeluaran sehingga terkoordinasi dan membuat mereka dapat mencapai target finansialnya.
Jim Rohn pernah menulis:
“ Becoming a millionaire is not that difficult, but it is not the most important thing. The most important part of becoming a millionaire is the person that you have to become to accumulate a million dollars in the first place.”
Anda harus membangun karakter, kepribadian dan kebiasaan yang sangat berbeda apabila Anda ingin mencapai tujuan finansial Anda dan tetap mempertahankan uang Anda. Apabila Anda sudah bisa menjadi jenis orang yang bisa menghasilkan dan mengumpulkan 1 juta dolar, maka anda akan bisa menghasil kan juta dolar yang ke dua dan ketiga juga. Bahkan bila sesuatu yang kurang menguntungkan terjadi dan Anda kehilangan semua uang Anda, Anda bisa mengumpulkannya lagi dalam waktu yang tidak lama, karena Anda sudah menjadi orang yang bisa menjadi jutawan dolar.

2.Tetapkan tujuan dan sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Lima kriteria, yang disingkat menjadi SMART: Specific, Measurable, Attainable, Reality-based, dan Time-bound. Tujuan keuangan keluarga harus dinyatakan secara spesifik dalam nilai yang terukur serta jangka waktu pencapaiannya.
Sebagai contoh, Anda ingin untuk hidup berkecukupan di masa tua. Ini memang tujuan, namun belum spesifik. Diperlukan nilai terukur, misalnya memerlukan dana Rp 3 miliar untuk dapat hidup berkecukupan di masa tua nanti. Agar lebih lengkap, tujuan perlu dinyatakan misalnya sebagai berikut: Pensiun pada usia 55 tahun dengan dana yang dimiliki Rp 3 miliar. Jadi berapa Rupiah per bulan saya harus menyisihkannya dari sekarang ?
Salah satu kata kunci lain dalam menentukan tujuan keuangan keluarga adalah realistis, agar secara rasional bisa dicapai melalui pelaksanaan dan usaha yang berkesinambungan. Untuk itu, perlu dipertimbangkan situasi kondisi saat ini dalam menentukan tujuan. Jangan sampai tujuan ini menjadi seperti punguk merindukan bulan.

3.Perhatikan kemana uang Anda dibelanjakan? dan batasilah.

Belanja berlebihan dan utang di luar kemampuan, pasti akan merusak sebuah kondisi keuangan yang tadinya solid seperti baja menjadi amburadul.
Kebiasaan untuk berbelanja berlebihan bisa karena belanja itu menyenangkan. Itulah yang mungkin terjadi. Masyarakat kita menganggap ke mall sebagai salah satu hiburan keluarga. Yang tadinya hanya ingin jalan-jalan, pulang malah membawa bungkusan besar dari hasil belanja di mall. Keputusan untuk membeli haruslah didasari oleh sebuah kebutuhan, jangan Anda membelinya hanya karena dorongan atau ketertarikan karena promosi serta iklan besar-besaran ataupun diskon. Tapi ambilah keputusan membeli sesuatu karena memang Anda membutuhkannya. Jangan Sampai ada Hutang atau cicilan yang menumpuk karena nikmatnya mengunakan kartu kredit, jika sudah jatuh tempo segera lunasi.

4.Jaga Diri/keluarga Anda dari risiko dengan asuransi.

Kita tidak pernah tahu kapan resiko sakit/penyakit itu datang menghapiri kita, Lebih baik kita berjaga-jaga jika sampai harus terjadi.. maka kita sudah mentransfer semua biaya rumah sakit ke perusahaan asuransi.


5.Gembira Dengan Tumbuhnya Aset Anda.

Kebanyakan orang mengasosiasikan membelanjakan uang dengan kebahagiaan dan menabung dengan penderitaan. Anda harus merubah pola pikir ini. Tugas Anda adalah untuk mulai mengasosiasikan menyisihkan uang untuk investasi dan melihat uang Anda tumbuh sebagai kebahagiaan. Semakin Anda merasa bahagia dengan melihat simpanan Anda tumbuh, Anda akan semakin termotivasi untuk mengurangi pengeluaran dan menambah simpanan.

6.Mengejar Kebahagiaan.

Semua orang ingin bahagia. Mencapai kebebasan financial sebagai akibat dari keberhasilan membangun kebiasaan jutawan dolar adalah tujuan yang baik, tapi bukan yang paling penting. Yang lebih penting adalah didalam prosesnya Anda akan menjadi orang yang punya keberanian, karakter, berpikir lebih dalam dan ulet. Sebagai akibat dari menjadi orang yang mencapai kebebasan finansial, anda akan merasakan indahnya bebas memilih apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, Anda akan merasa betul-betul bahagia dan puas dengan diri Anda dan dengan semua bagian dari hidup Anda. Ini adalah tujuan yang paling berharga.
Daftar Pustaka : Million Dollar Habits, Brian Tracy.

Ke-enam(6) langkah di atas merupakan awal dari sebuah proses panjang perencanaan, yang membutuhkan monitoring dan revisi bila dibutuhkan. Kehidupan Anda/keluarga Anda akan selalu berubah dan perencanaan keuangan Anda/keluarga Anda harus mengikuti perubahan yang terjadi dalam keuangan Anda/keluarga Anda. Selamat merencanakan kehidupan keuangan Anda/keluarga Anda yang lebih baik di masa depan menuju FINANCIAL FREEDOM.

1 komentar:

Adi_Etz mengatakan...

Ya syang sulit untuk mencapainya

AdBrite

Followers