Selasa, 17 November 2009

Tanpa Pusing Berobat di Hari Tua



Dana Kesehatan Pensiun menjadi pilihan terakhir dari kebanyakan orang mempersiapkan tujuan financial. Begitu juga yang terjadi pada klien saya yang usianya masih muda, memikirkan dana pensiun saja sudah hebat, ini lagi, bicara soal dana kesehatan pensiun.


Namun ini perlu dipikirkan lebih lanjut sebelum terlambat, karena urusannya bisa menjadi gawat, coba pikirkan kira-kira nanti pada saat pensiun apa saja penyakit yang mungkin muncul kelak.

Sakit flu? ada biaya dokter dan biaya obatnya, demam berdarah, usus buntu, tipus? ada biaya menginap di rumah sakit, dokter yang merawat, biaya perawatan rutin. Begitu pula sakit kanker, stroke, parkinson, dan banyak lagi.

Semakin bertambah usia semakin besar kemungkinan kita akan berhadapan dengan daftar biaya kesehatan. Kalau bukan kita sendiri yang menyiapkannya, lantas siapa lagi ? Ada 2 cara :
Pertama, membeli polis asuransi kesehatan yang saat ini ada dua pilihan yaitu asuransi kesehatan lokal dan asuransi kesehatan internasional. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Sebenarnya yang lokal juga sudah cukup memadai dan sudah menggunakan sistem kartu, karena tidak perlu repot-repot mengurus reimbursement, kita hanya perlu memastikan kamar kelas berapa dan berapa limit dana yang tersedia. Sedangkan asuransi kesehatan international biasanya lebih mahal dan untuk kalangan tertentu memang fasilitas yang diberikan oke sekali(kelas vvip).

Kedua, menyiapkan sendiri dana kesehatan pensiun lewat investasi, misal asumsi dana yang diperlukan Rp 5 juta per tahun, artinya untuk seorang yang berusia 31 tahun memerlukan dana kesehatan pensiun sebesar Rp 13,3 miliar pada saat pensiun.

Jumlah yang fantastik bukan,,tetapi tidak perlu kuatir secara matematis Anda dapat mencapainya dengan hanya berinvestasi secara reguler Rp 700.000,-/bulan selama 24 tahun ke dalam produk investasi yang mempunyai hasil investasi/return rata-rata 25% pertahun.

Mana yang akan menjadi pilihan Anda? Semakin cepat memulai semakin baik hasil yang akan Anda terima! Finance should be practical!

Kedua



4 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus ko chendra, tapi kalau kurang dari Rp.700.000,- gimana tuch ko hehe

Donny mengatakan...

Pake Jamsostek aja sudah beres ... :) :)

Anonim mengatakan...

ok dahh...

dewapelangi mengatakan...

kayaknya bagus, tp... kadang takut jg.
he..he..he... jaminan dapat ya??

AdBrite

Followers