Senin, 07 Desember 2009

Simbol Prudential



Prudence telah menjadi simbol Prudential sejak pendirian perusahaan di tahun 1848. Sebagai salah satu dari empat kebajikan utama, atau cardinal virtues, "Prudence"(kebijaksanaan)berdiri sama tinggi dengan "Justice"(keadilan), "Fortitude"(keteguhan/ketabahan), dan "Temperance"(kesederhanaan).


Sejak jaman Yunani dan Romawi kuno, Prudence sering dipersonifikasikan dalam bentuk seorang wanita yang memegang cermin, anak panah dan ular. Cermin melambangkan kemampuan seseorang untuk melihat dirinya seperti apa adanya, anak panah melambangkan kemampuan seorang pemanah yang jitu dan penuh perhitungan, sementara ular melambangkan kearifan.

Terkadang Prudence juga digambarkan memegang kompas, yang melambangkan keputusan yang terukur, sebuah buku yang melambangkan pengetahuan dan hasrat belajar, atau sebuah gulungan benang yang melambangkan sifat hemat.

Sebuah patung yang terletak di ruang pertemuan utama di kantor lama group Prudential di Holborn Bars, London, Inggris, menunjukkan figur Lady Prudence yang memiliki wajah wanita, dengan wajah seorang laki-laki tua dibelakang kepalanya. Hal ini melambangkan masa lalu dan masa depan. Wajah laki-laki tua yang menghadap ke belakang tersebut mewakili kenangan dan kemampuan melihat ke belakang(masa lalu) selain wajah wanita yang melambangkan kemampuan dan kebijakan dalam melihat ke masa depan.

Sebuah tindakan yang bijaksana(prudent) dianggap menggabungkan ingatan terhadap masa lalu, intelegensia dan kemampuan memperkirakan masa depan. Dalam karya seni zaman Renaissance, Prudence juga terkadang digambarkan memiliki tiga wajah dari hewan-hewan tertentu: Serigala yang menghilangkan kejadian buruk masa lalu, Singa yang memiliki keberanian menghadapi masa kini dan Anjing yang menemani manusia dalam menyongsong masa depan.

Prudence memproyeksikan keandalan dan memunculkan ide-ide mengenai sifat hemat dan kebijaksanaan dalam menabung. Gambar yang digunakan dalam lambang perusahaan Prudential di tahun 1848 didasari pada sebuah lukisan Prudence hasil karya Sir Joshua Reynolds(1723-92). Lambang perusahaan tersebut dirancang oleh chairman Prudential yang pertama, George Rogers-Harison. Gambar Lady Prudence tersebut digunakan oleh Prudential dalam prospektus, kalender, dan polis sampai tahun 1920-an, saat Prudential mulai menggunakan gambar-gambar yang lebih memfokuskan pada nasabah dalam mengiklankan ragam produknya yang semakin bertambah.

Lambang perusahaan yang digunakan pada masa sekarang dirancang oleh Wolff Olins dan diluncurkan pada tahun 1986. Lambang baru ini merupakan wajah Prudence yang sudah diberi sentuhan modern namun tetap setia pada simbolisme sejarahnya.

4 komentar:

Selva mengatakan...

nice post... keep up good post and comment on my post in http://myworld-encyclopedia.blogspot.com/

Thanks

rismahutabarat mengatakan...

Aku nasabah Prudential, tapi aku baru tahu tentang arti logonya loh. Menarik ya...

Agung mengatakan...

baru tau nih gan..
memang semua gambar itu harus ada artinya yah...

Ana Cristina Toledo mengatakan...

very nice and interesting information.
Thanks for sharing. keep posting!

AdBrite

Followers