Kamis, 22 Mei 2008

Suatu Cara Untuk Menabung

2.Suatu Cara untuk Menabung.

Di masa lalu, cara yang jelas untuk menabung adalah dengan menyimpan uang di dalam sebuah kaleng biscuit dibawah kasur. Saat ini, menyimpan uang di bank lebih masuk akal. Namun ada satu pilihan tempat lain untuk menabung yang juga aman dan menarik – asuransi jiwa.

Dengan menyisihkan sejumlah uang pada produk asuransi jiwa, seorang penabung yang bijaksana dijamin pasti akan meraih tujuannya! Bagaimana ini bisa terjadi? Mari kita lihat contoh dari seorang pria yang sanggup menabung sebesar $ 10,000 (Rp 60 juta) setiap tahun. Berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk menumbuhkan uangnya menjadi $ 1,000,000 (Rp 6 miliar)? Benar – 100 tahun, dan tentu saja hal ini agak tidak mungkin. Namun dengan menabung di asuransi jiwa, jika kematian atau cacat terjadi, maka pria ini telah diasuransikan sebesar $ 1,000,000 (Rp 6 miliar)!

Banyak orang menganggap asuransi jiwa sebagai suatu cara menabung yang lebih baik karena alasan-alasan berikut :
a. Teratur: menabung sekali-kali dan menabung hanya ketika Anda ingin menabung saja tidak akan menjamin bertambahnya uang Anda.
b. Diwajibkan: Anda memiliki komitmen untuk menyisihkan sejumlah uang setiap tahunnya, pada waktu yang sama setiap tahun.
c. Anda memiliki uang tapi tidak mudah diakses: keadaan ini dapat menghapus godaan untuk menarik uang Anda dan menggunakannya, sehingga tujuan awal Anda menabung tetap dipertahankan!

Terkadang, orang masih bingung dalam menggunakan kata ‘menabung’. Contoh, saya sering mendengar orang berkata, “saya menabung untuk pergi berlibur di bulan Desember”. Ini adalah pengertian yang salah. Mereka sebenarnya tidak menabung tetapi menunda pengeluaran! Alih-alih membelanjakan uangnya sekarang, mereka akan mengeluarkannya di bulan Desember. Penjabaran yang lebih tepat adalah “uang dalam perjalanan” (cash in transit) karena tak ada lagi uang yang akan tersisa di awal Januari nanti.

Tidak ada komentar:

AdBrite

Followers