Selasa, 29 Desember 2009

Prospek Ekonomi dan Bisnis 2010




Menimbang potensi modal dasar yang kita miliki serta tantangan dan ancaman yang menghadang tampaknya prospek bisnis dan ekonomi tahun 2010 akan lebih baik ketimbang tahun 2009. Walaupun laju inflasi mungkin diperkirakan lebih tinggi yaitu sekitar 4,5% sampai dengan 5,5% sehingga tidak akan mendorong peningkatan suku bunga. Kuncinya adalah pengelolaan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang lebih efektif.


Nilai tukar rupiah rata-rata diperkirakan mengalami penguatan di tahun 2010. Ada tiga faktor yg melatar belankangi pertama, sepanjang likuiditas di AS belum disedot kembali oleh THE FED nilai US$ cenderung melemah. THE FED dalam jangka waktu dekat ini belum akan menaikan suku bunga karena akan mengganggu pemulihan ekonomi.

Kedua, dengan pasar domestik yang cukup besar, Indonesia semakin menarik bagi FDI. Beberapa sudah masuk dan tergolong masih baru seperti Turki, Polandia pun berminat untuk masuk dan akan banyak yang menyusul. Maka itu harus memiliki kekuatan ekonomi domestik yang harus terintergrasi.

Ketiga, Moody's sudah meningkatkan rating Indonesia, jika tidak ada halangan mendasar S&P bakal melakukan upgrade dari BB+ menjadi BBB- dengan begitu investor asing lebih tertarik lagi masuk ke pasar modal kita.

Berdasarkan data diatas kemungkinan pertumbuhan ekonomi tahun 2010 diperkirakan berkisar sekitar 5,4% sampai dengan 5,9%.

Ada dua hal yang perlu diwaspadai pertama, kemungkinan harga minyak menembus US$100 per barrel. Pemulihan ekonomi yang pesat akan menyebabkan permintaan terhadap minyak, selanjutnya harga-harga komoditas juga berpotensi naik walaupun tak setinggi tahun 2008.

Kedua, Walaupun rupiah cenderung menguat volatilitasnya masih tinggi mengingat arus modal asing yang masuk didominasi modal jangka pendek yang jumlahnya lebih besar daripada cadangan devisa negara.



7 komentar:

Claudia mengatakan...

Best wishes for a happy and prosperous New Year!

Fais cWaKep mengatakan...

HapPY neW YeaR.

anak nelayan mengatakan...

informasi yang mnatab

anak nelayan mengatakan...

informasi yang mantab

ina mengatakan...

yg pnting persediaan beras aman ajah deh....
yg diperlukan rakyat tiap hari kan beras, bisa dibayangin sehari gag makan beras xixixixixi..
gag nyambung ea kag komentnya??? hohohoho....



Temukan rahasia menulis di blog DISINI

insanitis37 mengatakan...

Happy new year...
mudah2an ekonomi negara kita dapat semakin tumbuh berkembang...
Keep blog!

adyboycool_blog mengatakan...

mantaap..

AdBrite

Followers