Selasa, 02 Maret 2010

PRUDENTIAL Akui Sedang Memproses Akuisisi AIA



Nurul Qomariyah - detikFinance
London - Perusahaan asuransi terbesar Inggris, Prudential plc akhirnya mengakui pihaknya telah mencapai kemajuan terkait pembicaraan untuk akuisisi AIA. Prudential siap menggabungkan bisnisnya dengan AIA.

"Prudential mengkonfirmasi bahwa saat ini sedang dalam diskusi yang maju dengan AIG Inc terkait kemungkinan kombinasi bisnisnya dengan AIA," tegas Prudential dalam klarifikasinya seperti dikutip dari AFP, Senin (1/3/2010).

Klarifikasi itu disampaikan Prudential terkait maraknya pemberitaan pihaknya sudah mencapai kesepakatan dengan AIG untuk akuisisi AIA senilai US$ 35,5 miliar.


Sebuah sumber yang dikutip Reuters mengungkapkan, Dewan direksi AIG telah sepakat melepas American International Assurance (AIA) ke Prudential senilai US$ 35,5 miliar. Prudential akan membayar saham AIA dalam bentuk tunai sebesar US$ 25 miliar dan sisanya dalam bentuk saham, termasuk saham biasa untuk para pemegang saham AIA.

"Sebagai bagian dari berlanjutnya fokus strategi bisnis Prudential pada pertumbuhan di Asia, maka review terus dilakukan untuk kemungkinan ekspansi. AIA merepresentasikan sebuah kesempatan yang unik dan strategis bagi Prudential dan AIA untuk menciptakan asuransi terdepan di Asia Tenggara," imbuh Prudential.

Gabungan antara AIA dan Prudential akan menciptakan perusahaan asuransi terbesar di Asia Tenggara. Kesepakatan itu juga akan mentransformasikan Prudential menjadi asuransi terbesar dari sisi kapitalisasi pasar di luar China, bersaing dengan Allianz dan AXA.

"Tidak ada kepastian diskusi-diskusi ini akan berakhir pada satu kesepakatan," tegas Prudential.

Saham AIG sekitar 80% saat ini dimiliki pemerintah AS setelah sempat mendapatkan dana talangan dari pemerintah AS. AIG kini sedang berupaya untuk mengembalikan dana para pembayar pajak AS senilai US$ 182,3 miliar yang diberikan lewat bailout.

AIG pernah berniat melepas saham AIA ke publik namun akhirnya batal karena tidak mendapatkan dana yang memadai. Wall Street Journal melaporkan, beberapa hasul penjualan AIA ke Prudential telah diperhitungkan untuk membayar pemerintah AS.

AIG pada pekan lalu melaporkan kerugian yang melebihi ekspektasi analis sebesar US$ 8,9 miliar pada kuartan IV-2009. Namun kerugian itu hanya sepersepuluh dari kerugian pada 2008 yang mencapai US$ 99,2 miliar.
(qom/dnl)
(Di kutip dari www.detikfinance.com)

7 komentar:

Jiman.Go mengatakan...

saya datang sobat ....
makasih uda berkunjung ...
hari ini baru sempat hadir berhubung saya cuti dan liburan panjang :)
tetap semangat ...

memen mengatakan...

nice info, met kenal

akhatam mengatakan...

Wah memang sekarang Prudential Makin mEraja Lela... hahhha

Rif | web mengatakan...

Go Insurance Bro,,,Thanks for Infonya,,

link 2 bh PR 4 mengatakan...

Gratis link 2 bh PR 4, mau

Richard Rondonuwu mengatakan...

wah, tulisan2 tentang Ekonomi ya!!
keren nih, kebetulan TYrips kuliah di jurusan Ekonomi nih, butuh banget tulisan2 kayak gini..,

btw, blog ini menerima exchange link gak ya??

Anonim mengatakan...

mantep gan...


http://livestreamfree.net/

AdBrite

Followers