Rabu, 11 November 2009

The 6 KEYS to Cash Flow



When you have your cash flow under control, you can make sure that everything you do each business day is clearly focused on making your business more Profitable.


ONE Cash Flow Is Key.
Kelola cash flow anda dengan sangat hati-hati. If you don’t recognize that cash is what keeps you in business, you have either not been in business very long…. Or you won’t be.
No Cash Flow = No More Business.

TWO Keep a Cash Reserve.
Sediakan cadangan uang setara dengan tiga bulan biaya operasional untuk menghindari kekurangan. Pastikan anda mempunyai line kredit yang masih berlaku sebelum anda benar-benar memerlukan cash.
No Cash Flow = No More Business.

THREE Establish Rules.
What are your billing terms? Anda tidak akan dibayar jika anda tidak meminta. Apakah tenggang waktu 30 hari OK? Bagaimana dengan biaya keterlambatan? Siapkan kemungkinan-kemungkinan untuk klien yang tidak membayar tepat waktu.

FOUR Collect Your Cash.
Pastikan billing anda dilakukan segera dan akurat. The terms are terms. Boleh saja memberi diskon untuk pembayaran lebih awal, tapi jangan pernah memberi insentif untuk “late payment”. Sehari setelah jatuh tempo, kontak klien anda dan secara sopan tanyakan apakah mereka telah mentransfer pembayaran. Tidak ada yang lebih penting daripada cash ditangan.

FIVE Don’t Expect the Bank to Manage Your Cash Flow.
Sangat kritikal anda mengetahui cash balance anda setiap saat. Bagaimana anda bisa membuat keputusan bisnis yang akurat tanpa mengetahui cash balance? Berapa cash balance anda saat ini? Bank balance dan cash balance adalah dua hal berbeda. Jangan bingung dan salah karena keduanya tidak sama. Anda me-manage cash flow anda; tapi, anda me-reconcile bank balance anda.

SIX Cash Flow Projections.
Cash flow projections adalah kunci untuk ProfitAble business decisions. Tidak mungkin menjalankan bisnis secara efektif tanpanya. “Manage your business or your business will manage you”. Tidak melihat masalah cash flow tepat waktu untuk memperbaikinya adalah suatu kegagalan manajemen.



1 komentar:

windo mengatakan...

Wis jadi model cash flow mantap..!

AdBrite

Followers